Cara Ampuh Tingkatkan Domain Authority dan Page Authority Website

Cara Meningkatkan PA dan DA - Untuk memaksimalkan perkembangan situs atau blog tentu saja banyak hal yang harus Sobat tahu karena SEO sendiri tidak hanya mengacu pada Onpage atau Offpage-nya saja. Saat Sobat mendengar istilah Domain Authority dan Page Authority (selanjutnya disebut DA dan PA), bisa dikatakan kedua istilah inilah yang menjadi indikator untuk meningkatkan situs Sobat. Hal ini dikarenakan DA merupakan acuan atau barometer dari tingkat kepercayaan situs itu sendiri. Para pakar SEO pun sepakat mengatakan kalau DA atau PA ini adalah acuan Google memberikan peringkat terhadap situs tersebut dimesin pencarian mereka. 

Bagaimana cara meningkatkan DA dan PA? Poin yang bisa Sobat ambil selanjutnya adalah ketika blog atau situs Sobat semakin mencapai nilai tinggi dalam aspek DA dan PA-nya, maka tingkat kepercayaan situs kita akan semakin tinggi pula di mata search engine. Untuk nilain PA dan DA dimulai dari nol sampai seratus. Umumnya blog yang masih baru berada dikisaran 1-10 dan untuk meningkatkan sampai angka 20 akan mudah tapi untuk meningkatkan nilai sampai  20-50 akan sulit dan 50-100 makin sulit karena penilaian dari DA dibangun dari tingkat kepercayaan serta penerapan SEO yang tepat tanpa adanya spam pada mesin pencari.

Bagaimana Peringkat Domain Authority Ditentukan? 

Ada beberapa hal menentukan dalam perhitungan peringkat DA. Semuanya didasarkan pada data dari Mozscape Web index, jumlah link dari berbagai sumber, jumlah konten yang tersedia di hasil pencarian dan beberapa faktor lainnya. 

CARA MENINGKATKAN DOMAIN AUTHORITY 
  • Membangun Kepercayaan Situs: Hal yang pertama untuk meningkatkan DA adalah dengan membangun kepercayaan pada situs, caranya dengan membuat konten berkualitas yang mengacu pada minat pembaca. semua harus murni Sobat kerjakan dengan jerih payah Sobat karena meskipun Sobat bisa menciptakan konten berkualitas dengan menggunakan tool praktis semua ini hanya sia-sia saja.
  • Mengurangi Hight Bounce Rate: Jika konten Sobat banyak mendapatkan bonce rate yang kecil maka besar kemungkinan blog atau situs Sobat menyajikan pengalaman pengguna yang baik. Efek dari bonce rate sangat tidak baik untuk Sobat untuk itu Sobat harus memperhatikan betul-betul mengenai behaviour atau tingkah laku pembaca situs Sobat, apakah mereka tertarik dengan konten Sobat atau hanya sesekali ingin melihat konten Sobat saja dan selanjutnya tidak akan berkunjung lagi?
  • Membangun Backlink yang Natural: Salah satu cara untuk meningkatkan DA adalah dengan membangun backlink yang alami tanpa menyepam atau dengan mengelabui mesin pencari, karena jika Sobat masih menggunakan praktek memanipulasi mesin pencari bisa dipastikan kalau DA tidak akan pernah Sobat dapatkan.
  • Memperhatikan SEO Onpage: Banyak SEO onpage yang harus Sobat terapkan mulai dari teknik membuat konten, menempatkan keyword, membuat robot txt yang ramah dan membuat meta tag pada template blog. Semakin sering blog Sobat dirayapi oleh mesin pencari maka bisa dipastikan kalau blog Sobat disukai oleh mesin pencari tersebut, dan otoritas domainpun akan mengalir secara signifikan dan nilai authorithy domain akan naik.
  • Usia dan popularitas domain: Secara mudah, semakin tua usia nama domain semakin terpercaya untuk dijadikan sumber informasi. Terjaganya masa online website (biaya atas nama domain dan hosting dibayar tepat waktu) dan penambahan konten secara rutin memainkan peranan yang penting. Hal ini disebabkan karena banyaknya jumlah nama domain baru yang lahir setiap hari. 
Itulah cara meningkatkan Domain Authority. Sekarang pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana caranya meningkatkan Page Authority? Disini ternyata banyak yang harus Sobat ketahui untuk meningkatkan PA situs Sobat. Sobat juga harus cerdas karena masalah ini terkait dengan SEO, karena Page Authority merupakan ukuran konten yang disajikan langsung pada minat pembaca maka teknik SEO disini sangat memiliki urgensi yang tinggi.

CARA MENINGKATKAN PAGE AUTHORITY
  • Jangan Melakukan Keyword Stuffing: Sobat harus memperhatikan keyword stuffing yang Sobat gunakan untuk membuat konten karena keyword stuffing sangat dibenci oleh mesin pencari. Kalau Sobat beranggapan ini salah mungkin Sobat harus berpikir dulu, karena dengan adanya persoalan ini Sobat sudah memanipulasi mesin pencari akibatnya tingkat kepercayaan dari mesin pencari untuk situs Sobat akan berkurang.
  • Perhatikan Keyword Density: Untuk meningkatkan kualitas konten Sobat harus benar-benar memperhatikan keyword density karena dengan menggunakan teknik keyword density yang baik maka konten atau artikel Sobat akan diterima dengan baik oleh search engine.
  • Jangan Membuat Duplikat Konten: Perlu Sobat perhatikan saat membuat artikel jika ternyata konten Sobat mempunyai duplikat konten yang banyak maka otomatis search engine akan menolak. Untuk meningkatkan Page Authority Sobat harus memperhatikan dengan betul masalah ini.
  • Bagikan Konten ke Media Sosial: Untuk memperkenalkan postingan terbaru dan membangun backlink natural, Sobat bisa melakukannya dengan membagikan postingan Sobat di media sosial seperti facebook, twitter, google plus, linkedin. Hal ini juga sedikit banyaknya membangun Page Authority blog atau situs Sobat.
Beberapa Media untuk Melihat Domain Authority Sebuah Website: 

Pada dasarnya sudah banyak media online yang tersedia untuk memeriksa peringkat DA dan PA sebuah website. Yang bisa sobat gunakan diantaranya adalah : 
  • Mozbar 
  • Opensiteexplorer 
  • Moonsy.com 
Jadwal Pembaharuan Domain Auhtority 

DA dan PA diperbaharui setidaknya setiap dua minggu sekali. Tidak seperti Google Pagerank yang saat ini bahkan dikabarkan sudah tidak akan diupdate lagi oleh Google, kita tidak perlu waktu lama untuk melihat kemajuan DA dan PA sebuah website. (sumber utama: bukainfo.com)