Cara Mudah Membuat TOS, Discalimer dan Privacy Policy

Ada anggapan bahwa Privacy Policy, Disclaimer dan Terms of Service tidak terlalu penting untuk sebuah blog atau situs. Anggapan ini keliru terutama bagi Anda yang menggeluti dunia bisnis online dan ingin menjalin hubungan dengan penyedia iklan ternama seperti Google Adsense.

Semua jasa penerbit ternama seperti halnya Google Adsense mengharuskan blog atau situs yang digunakan sebagai publisher-nya memiliki Privacy Policy yang dapat diakses oleh siapapun.

Privacy Policy tidak hanya untuk Adsense saja, Privacy Policy juga menunjukkan siapa Admin yang bisa dihubungi jika ingin menanyakan hal tentang situs tersebut, memberitahukan tentang File Log blog atau situs Anda, mengatur penggunaan artikel dan lain-lain.

Sebuah website atau blog disarankan untuk menggunakan kebijakan dan aturan-aturan pengguna situs. Kebijakan ini biasanya dituangkan ke dalam halaman Privacy Policy, Disclaimer, Term of Use dan yang lainnya. Anda bisa membuatnya secara online dengan menggunakan generator yang gratis dalam banyak situs di internet. Admin Litera akan memberikan informasi tentang Membuat Disclaimer dan Privacy Online Generator untuk Blog atau Website yang gratis. Namun sebelumnya Admin Litera akan berikan penjelasan singkat tentang kebijakan-kebijakan tersebut.

  • Privacy Policy 
Merupakan pernyataan atau dokumen hukum (hukum privasi) yang mengungkapkan beberapa atau semua cara mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan mengelola pelanggan atau data klien. Informasi pribadi bisa apa saja yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi individu, tidak terbatas termasuk, nama, alamat, tanggal lahir, status perkawinan, informasi kontak, masalah ID dan tanggal kadaluwarsa, catatan keuangan, informasi kredit, riwayat kesehatan, kemana mana Anda berkunjung, dan niat untuk memperoleh barang dan jasa. Dalam kasus bisnis itu sering merupakan pernyataan yang menyatakan kebijakan partai pada bagaimana mengumpulkan, menyimpan, dan memberikan informasi pribadi yang dikumpulkan. Ini memberitahu klien informasi spesifik apa saja yang dikumpulkan, dan apakah itu dirahasiakan, kepada para mitra, atau dijual kepada perusahaan lain atau perusahaan. (Sumber: www://en.wikipedia.org/wiki/Privacy_policy)

Privacy policy juga sering dipasang di blog. Bahkan sudah ada plugin WordPress untuk membuat privacy policy secara otomatis. Tetapi untuk blog pribadi, privacy policy tidak terlalu diperlukan. Beda halnya jika anda membuat situs semacam jejaring sosial atau semacam forum, privacy policy ini sangat diperlukan. Berikut penjelasan yang disadur dari litera2succes.blogspot.com:

  • Disclaimer
Merupakan semacam peringatan yg diberikan oleh auditor. Disclaimer atau pernyataan penyangkalan diberikan dengan tujuan perlindungan bagi pemilik website atau situs sebagai pemberi informasi. Pembaca suatu situs dianggap secara otomatis menerima syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs tersebut, termasuk klausul disclaimer.

  • Terms of service 
Biasa juga disingkat dengan TOS dan juga dikenal sebagai Ketentuan Penggunaan, Syarat & Kondisi aturan yang mana yang harus disetujui untuk mematuhi untuk menggunakan layanan. Ketentuan Layanan juga dapat disebut sebagai Syarat Penggunaan atau kadang-kadang hanya sangkalan, terutama mengenai penggunaan website (www://en.wikipedia.org/wiki/Terms_of_service)

Banyak situs yang menyediakan pembuatan privacy policy atau disclaimer atau term of service, baik yang berbayar maupun yang gratis. Jika anda ingin membuat privacy policy atau disclaimer atau term of service untuk website atau blog anda secara instan, anda bisa menggunakan beberapa diantaranya situs yang disebutkan di bawah ini.

  • Beberapa situs Disclaimer dan Privacy Online Generator Gratis: 
serprank.com
privacypolicyonline.com
seqlegal.com
PriorityDigital.com
freeprivacypolicy.com

Sebenarnya pembuatan kebijakan-kebijakan ini tidak terlalu diperlukan untuk blog-blog pribadi. Kecuali jika anda membuat situs semacam jejaring sosial, Online shop/ Adsense atau semacam forum, dan situs-situs perusahaan yang sarat akan hukum, privacy policy ini sangat diperlukan. Kebijakan-kebijakan ini dapat anda tampilkan di satu halaman khusus dalam blog atau website anda.

Semoga bermanfaat..